Setiap tahun diprakirakan 500.000 penduduk Indonesia terserang stroke. Sekitar 25 persen di antaranya atau 125.000 penduduk meninggal.”Sedangkan sisanya mengalami cacat berat maupun ringan seumur hidupnya,” demikian diungkapkan Ketua Umum Yayasan Stroke Indonesia (Yastroki) Cabang Bogor, dr Yoeswar Darisan di Bogor, Selasa.

Kondisi tersebut, katanya, tidak jauh berbeda dengan yang dialami negara maju seperti Amerika Serikat (AS) yang dilaporkan setiap satu menit orang terkena stroke, dan setiap tiga menit orang meninggal dunia akibat serangan itu.Menurut dia, pada rumah sakit (RS) di seluruh Indonesia, dilaporkan stroke merupakan penyakit nomor satu sebagai penyebab kematian.

Sedangkan pada beberapa RS di Bogor sendiri, menurut dia, rata-rata lima orang per hari penderita baru stroke, dan 30 persen di antaranya meninggal atau tiga orang setiap dua hari meninggal.Hari Stroke Sedunia yang jatuh pada setiap tanggal 24 Juni selalu diperingati dengan berbagai kegiatan, yang intinya mengingatkan pentingnya mewaspadai stroke.Ia mengemukakan, stroke merupakan penyakit yang menyerang orang dewasa dengan umur di atas 40 tahun, meski tidak jarang menyerang pada usia di bawah 40 tahun.

Malahan, kata dia, pada tahun-tahun terakhir ini serangan stroke dalam angka terus bertambah dan meningkat, sehingga menggugah perhatian para ahli-ahli penyakit stroke se dunia.Pada Kongres Stroke sedunia yang diselenggarakan pada tanggal 23-26 Juni tahun lalu di Vancouver, Kanada, kata dia, dihasilkan kesepakatan untuk memproklamirkan Hari Stroke Sedunia yang jatuh pada tanggal 24 Juni 2005.

Merujuk pada kesepakatan itu, Yastroki baik pusat maupun Cabang Bogor yang berperan sebagai organisasi sosial yang bergerak di bidang penanggulangan penyakit stroke di Indonesia dan Bogor khususnya ikut berperan menurunkan angka penyakit stroke.Ia mengimbau bahwa untuk menghindari stroke diantaranya adalah mengendalikan hipertensi, diabetes mellitus, kolesterol, stress, dan stop merokok.Selain itu, menerapkan pola hidup sederhana, makan bahan segar alami dan tidak berangan-angan yang di luar kemampuan Stroke memang identik dengan kelumpuhan sebelah, padahal tidak semua stroke akan menimbulkan kelumpuhan dan tidak semua kelumpuhan adalah akibat dari stroke. Stroke atau nama lainnya adalah apopleksia serebri adalah keadaan dimana terjadi kematian jaringan otak akibat terhentinya aliran darah ke daerah tersebut. Terhentinya aliran darah bisa disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah atau karena tersumbatnya pembuluh darah. Karena itu, orang sering mendengar istilah stroke perdarahan dan stroke penyumbatan.

Akibat yang ditimbulkan oleh stroke tergantung dari banyak hal seperti luasnya daerah yang terkena dan lokasi otak yang terkena. Stroke yang luas belum tentu lebih berbahaya dibandingkan stroke yang kecil. Bila terjadi perdarahan di batang otak, harapan hidup mungkin jauh lebih kecil bila dibanding dengan stroke yang lebih luas di bagian depan otak. Otak kita yang luas mempunyai lokasi-lokasi tertentu untuk masing-masing fungsi. Misalnya ada bagian yang berfungsi mempersarafi pergerakan kaki. Bila daerah itu terkena, dapat terjadi kelumpuhan pada daerah kaki yang dipersarafinya. Contoh lain bila yang terkena adalah daerah yang mempersarafi fungsi bicara, maka mungkin yang terjadi adalah gangguan dari fungsi berbicara tersebut.

Karena menyangkut berbagai fungsi yang begitu luas, stroke bahkan juga bisa mengubah kepribadian seseorang. Orang yang tadinya pendiam mungkin sekarang menjadi bawel luar biasa. Berbagai perubahan tersebut dapat menjadi faktor yang juga mempengaruhi emosi keluarga dan orang disekitarnya. Karena itu, pengertian keluarga adalah faktor yang harus diberikan oleh keluarga dan lingkungannya. Terimalah keadaan itu dengan sewajarnya dan bantulah penderita untuk mengatasi stroke yang dideritanya dan juga depresi yang seringkali terjadi pada penderita stroke.


Sumber:www.gatra.com&www.info-sehat.com

Mencegah & Mengobati Stroke dengan Tianshi :

1. Nutrient High Calcium Powder – dosis : 1 capsule perhari
Memenuhi kebutuhan Kalsium tubuh dan mencegah tekanan darah tinggi

2. Vigor Rousing Capsules – dosis 2 capsule x 2 kali perhari
Mengencerkan darah dan menghilangkan sumbatan di pembuluh darah serta melancarkan
aliran darah sehingga dapat menyembuhkan stroke.


http://rodabisnis.blogspot.com

Iklan