Jakarta (ANTARA News) – Sekretaris Jendral Pusat Media dan Informasi Asia, Dr Indrajit Banarjee mengatakan jurnalis masa depan harus memiliki tiga keterampilan sekaligus, yakni kemampuan melaporkan, kemampuan menganalisa, dan kemampuan akademik agar mampu memberikan berita berkualitas bagi publik.
“Pertumbuhan media massa yang cukup pesat tidak diikuti peningakatan kualitas para jurnalis, sehingga banyak berita yang yang hanya sekedar disampaikan ke publik tanpa ada analisa mendalam,” katanya dalam diskusi tentang Jurnalisme dan Tantangan di Abad 21, di kantor pusat The Habibie Center, Jakarta, Kamis.Dalam diskusi bersama sejumlah pengamat dan pekerja media massa itu Indrajit mengatakan kemampuan untuk melaporkan sebuah peristiwa telah dimiliki oleh para jurnalis, namun hal ini tidak dilengkapi keterampilan untuk menganalisa sebuah persoalan. Masyarakat kini semakin cerdas sehingga sebuah pemberitaan idealnya juga dipahami dan dikritisi.

“Jadi menurut saya seorang jurnalis harus menempuh pendidikan jurnalistik agar mereka memiliki pengetahuan dasar, kalaupun pendidikan S-1 bukan bidang jurnalistik setidaknya media massa tempatnya bekerja memberi pendidikan jurnalistik yang memadai,” katanya.

Kualitas jurnalis yagn semakin baik, lanjutnya, pada akhirnya juga berdampak baik pada media massa dan produk jurnalistik yang dihasilkan.

“Jurnalis juga harus memiliki kemampuan intelektual untuk memahami perubahan dunia. Saat ini dunia menjadi sangat global, apa yang terjadi di suatu negara akan berpengaruh besar pada negara-negara lain sehingga jurnalis harus mempunyai gambaran berpikir yang luas dan pandangan yang jauh ke depan,” katanya.

Terkait peran media massa, Indrajit mengatakan media massa harus berubah mengikuti perkembangan zaman sebagaimana jurnalis berupaya meningkatkan kemampuannya.

“Ke depan, media massa apapun bentuknya (online, cetak, tv-red) harus berubah, karena masyarakat kita juga berubah,” katanya.

Ia menjelaskan masyarakat yang semakin modern dan sibuk dengan banyak aktivitas hanya memiliki sedikit waktu untuk membaca berita. Karena itu media massa harus menyesuaikan diri dengan baik agar tidak ditinggalkan peminatnya.

“Pada prinsipnya baik media massa maupun jurnalis harus sama-sama merespon perubahan zaman agar agar menghasilkan output yang maksimal bagi masyarakat karena tugas media dan jurnalis adalah melayani masyarakat dengan memberi informasi dan berperan di bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya,” demikian kata Indrajit.(*)

Copyright © 2008 ANTARA